fbpx

Beginilah Penglihatan Penderita Glaukoma

RS MATA ACHMADWARDI — Penyakit mata glaukoma mungkin belum begitu dikenal orang dibandingkan katarak. Padahal, penyakit ini adalah penyebab kebutaan utama nomor dua setelah katarak – di seluruh dunia. Bahkan lebih parah dari katarak, kebutaan yang disebabkan oleh glaukoma sifatnya permanen.
 
Dengan deteksi dini, penderita glaukoma memiliki kesempatan untuk menjalani pengobatan dan/atau operasi yang dapat mencegah perburukan kerusakan saraf optik mata sehingga memperlambat hilangnya penglihatan atau kebutaan.
 
Penderita yang melakukan perawatan sedari dini memiliki potensi lebih besar untuk mempertahankan penglihatannya hingga sekitar 20 tahun. Inilah salah satu bukti pentingnya pemeriksaan mata secara komprehensif dilakukan secara regular.

Pemeriksaan mata idealnya dilakukan setiap 1-2 tahun sekali. Terlebih lagi, jika sudah berumur 40 tahun ke atas atau memiliki riwayat glaukoma dalam keluarga.

Mata Normal

Penglihatan Mata Penderita Glaukoma

Dalam pemeriksaan glaukoma, dokter akan menanyakan faktor-faktor risiko seperti riwayat keluarga, penyakit lain yang dimiliki misal diabetes, obat-obatan yang dikonsumsi seperti steroid dan sebagainya. Dilanjutkan dengan pemeriksaan dengan alat.

 
Kini, di RS Mata Achmad Wardi telah hadir Retina & Glaukoma Center yang mempermudah Sahabat dalam melakukan pemeriksaan dan pengobatan mata.
 
Perkembangan glaukoma dapat diperlambat, meski tak dapat dilenyapkan. Deteksi dini sangat penting dalam menanganinya. Jangan sampai terlambat, cegah glaukoma yang mencuri penglihatan Anda!
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_img

REKOMENDASI UNTUK DIBACA

Related Articles

Butuh Bantuan?