Biar Makin Sayang, Mari Kenali Anatomi Mata dan Fungsinya

anatomi mata
Jaga matamu, karena ia begitu berharga.

RSMATAACHMADWARDI.com — Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Namun, masih banyak yang belum tahu mengenai bagian-bagian anatomi mata yang penting. Untuk mendapatkan penjelasan singkat tentang anatomi mata dan fungsi dari setiap bagiannya, simak ulasan di bawah ini.

Anatomi mata manusia dan fungsinya

1. Kornea

Kornea adalah jaringan berbentuk kubah transparan yang membentuk bagian paling depan mata Anda. Kornea berfungsi sebagai jendela dan sebagai jalan masuk cahaya ke mata Anda. Berkat kornea, mata Anda juga memulai proses untuk mengatur proses sinar cahaya agar bisa melihat kata-kata dan gambar secara jelas.

Kornea berfungsi memberikan 65-75 persen kekuatan fokus mata Anda. Anda pun perlu berhati-hati untuk menjaga kesehatan kornea Anda. Karena di dalam kornea mengandung banyak ujung saraf yang membuatnya sangat sensitif dan merupakan bagian penting dalam jalur masuknya cahaya ke dalam mata.

2. Bilik mata depan (anterior chamber)

Bilik mata depan adalah sebuah kantung mirip jelly yang berada di belakang kornea mata, di depan lensa. Kantung yang juga dikenal dengan istilah anterior chamber ini (lihat pada gambar) berisi cairan aqueous humor yang membantu membawa nutrisi ke jaringan mata. Cairan aqueous humor ini berfungsi sebagai penyeimbang tekanan di dalam mata.

Kesehatan mata Anda bergantung pada proses produksi dan aliran cairan di bilik mata depan. Jika terdapat gangguan, hal ini dapat menyebabkan masalah pada tekanan di dalam matanya, contohnya seperti penyakit glaukoma.

3. Sklera

Sklera adalah selaput putih keras dengan jaringan fibrosa yang menutupi seluruh bola mata Anda (sepanjang jalan di sekitar), kecuali bagian kornea. Di dalamnya terdapat otot yang menempel guna menggerakkan mata yang menempel pada sklera.

4. Iris dan pupil

Iris dan pupil adalah bagian dari anatomi mata yang saling berhubungan satu sama lain. Iris adalah membran berbentuk cincin di dalam mata yang mengelilingi lubang di tengahnya. Nah lubang di tengahnya itulah yang disebut dengan pupil. Pupil merupakan otot yang bisa tertutup dan terbuka atau mengecil dan membesar.

Iris berfungsi mengatur sejumlah cahaya yang masuk ke mata dan menyesuaikan dengan bukaan pupil. Ketika diterpa cahaya terang, iris akan menutup (atau menyempit) dan membuat pupil terbuka lebih kecil untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata Anda.

Selain itu, irislah yang menentukan warna mata Anda. Orang dengan mata cokelat memiliki iris berpigmen tinggi, sementara orang dengan mata biru atau ringan memiliki iris dengan pigmen yang sedikit.

5. Lensa

Lensa adalah sebuah jaringan transparan dan lentur yang terletak tepat di belakang iris dan pupil. Ini adalah salah satu bagian kedua dari mata Anda, setelah kornea. Fungsi lensa adalah membantu memusatkan cahaya dan gambar pada retina Anda.

Karena lensa mata ini lentur dan elastis, maka bentukanya bisa berubah jadi melengkung dan fokus pada objek di sekitar, orang yang berada di dekatnya atau dari kejauhan. Lensa ini memberikan 25-35 persen kekuatan fokus mata Anda.

Seiring bertambahnya usia, salah satu bagian penting dari anatomi mata ini bisa kehilangan elastisitasnya serta kemampuan menangkap objek secara fokus. Hal ini biasa disebut sebagai presbiopia atau mata tua, yaitu gangguan penglihatan yang banyak dialami orang lanjut usia.

6. Choroid dan konjungtiva (conjunctiva)

Choroid adalah membran cokelat gelap yang terdapat banyak pembuluh darah di dalamnya. Posisinya terletak di antara sklera dan retina. Choroid ini berfungsi untuk memasok darah dan nutrisi ke retina dan ke semua struktur lainnya pada bagian anatomi mata. Sedangkan konjungtiva adalah lapisan tipis jaringan yang menutupi seluruh bagian depan mata Anda, kecuali untuk kornea.

7. Vitreous

Berbeda dengan cairan aqueous humor yang adanya di depan lensa mata, vitreous humor terletak di belakang lensa mata. Vitreous adalah zat seperti jelly yang mengisi bagian dalam bagian belakang mata. Seiring waktu, vitreous menjadi lebih encer dan bisa terlepas dari bagian belakang mata. 

Jika penglihatan mata Anda terlihat seperti ada awan putih yang mengambang atau cahaya kedipan lampu, segera temui dokter mata. Pasalnya, zat vitreous yang terpisah dapat menyebabkan lubang (suatu kondisi yang disebut lubang makula) berkembang di retina.

8. Retina dan optik

Retina adalah sebuah jaringan yang peka terhadap cahaya. Retina ini melapisi permukaan bagian dalam mata. Sel di retina bisa mengubah cahaya masuk menjadi impuls listrik. Impuls listrik ini dibawa oleh saraf optik (yang menyerupai kabel televisi Anda) ke otak, yang akhirnya menafsirkannya sebagai gambar atau objek yang Anda lihat.

Sedangkan makula adalah area sensitif kecil di tengah retina yang memberikan penglihatan sentral yang jelas. Fovea terletak di pusat makula dan fungsinya untuk memberikan penglihatan detail yang paling tajam di mata Anda.

Nah, itulah beberapa bagian mata yang sangat penting untuk dijaga. Bila Anda ada keluhan dengan kesehatan mata, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter ahli.

 

Hubungi kami:
RS Mata Achmad Wardi 
Alamat: Jl. Raya Taktakan Km. 1, Lontarbaru, Kota Serang, Banten 42115
Telepon: (0254) 7915503

Informasi lebih lanjut, hubungi kami via WhatsApp Anda sekarang

Lihat Jadwal Dokter