Deteksi Dini Glaukoma dan Retina, RSAW Gelar Workshop untuk Puskesmas Se-Kabupaten Serang

153

Guna mengurangi tingkat kebutaan yang ada di Provinsi Banten, RS Mata Achmad Wardi BWI-DD menggelar workshop Basic Eye Exam untuk seluruh Puskesmas di Kab. Serang, Kamis, 25 Maret 2021.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya RS Mata Achmad Wardi memberikan edukasi dan memberikan pelatihan langsung kepada dokter umum dan petugas indera agar bisa mendeteksi dini penyakit mata retina dan glaukoma.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 63 peserta dari seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Serang. Selain itu juga perwakilan dari dinas Kesehatan Kabupaten Serang sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga kegiatan workshop ini bisa terus dilakukan, sehingga bisa menambah wawasan dan keterampilan para dokter umum dan petugas puskesmas di wilayah Kabupaten Serang,” ujar Heni Wihani, SKM selaku Sekretaris Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang.

Workshop Basic Eye Exam ini menjadi salah satu ikhtiar RS Mata Achmad Wardi yang telah mengabdi selama 4 tahun menebar kebaikan untuk masyarakat di Provinsi Banten. Selain itu juga sebagai upaya memberikan fasilitas kesehatan gratis bagi dhuafa yang kurang mampu yang di antaranya operasi katarak, retina, dan glaukoma.

“RS Mata Achmad Wardi merupakan rumah sakit khusus mata berbasis wakaf yang fasilitas, alat-alatnya sudah canggih dan lengkap. Sehingga RS Mata Achmad Wardi ini bisa menjadi pilihan untuk masyarakat Banten agar tidak jauh-jauh periksa retina dan glaucoma, karena di Serang sudah ada dan tidak kalah dengan Rumah sakit yang ada di Jakarta. Saya berharap RS Mata Achmad Wardi ini menjadi icon Rumah Sakit khusus mata di Serang dan di Provinsi Banten. Sehingga masyarakat mudah mendapatkan fasilitas dan manfaat yang luar biasa dari Ruma Sakit Wakaf ini,” terang Direktur Utama RS Mata Achmad Wardi dr. Moh. Badrus Sholeh, M.Kes.

Antusias dari peserta cukup tinggi selama mengikuti kegiatan workshop Basic Eye Exam ini. Peserta dapat menggunakan alat pemeriksaan secara langsung serta didampingi oleh dokter spesialis mata RS Mata Achmad Wardi.

dr. Rafrina Amnovebrianthy, SpM dalam penyampaiannya mengatakan, “Penyakit retina dan glaukoma harus segera dideteksi sedini mungkin agar dapat ditindak lanjuti penanganannya oleh dokter spesialis mata.”

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD akan terus mendukung program pemerintah, khususnya mengenai kesehatan dan edukasi mata dengan terus mengadakan pelatihan dan penambahan wawasan seperti ini. Harapannya dokter umum dan petugas indera di puskesmas setiap wilayah yang ada di Banten dapat mendeteksi dini penyakit mata retina dan glaucoma pada masyarakat yang periksa di puskesmas. (Gun/Chogah)