Diplopia

33

Mengenal Diplopia, Penglihatan Ganda yang dialami Marc Marquez usai Crash di Mandalika

“Saya seperti deja vu… saat perjalanan pulang ke Spanyol, mata saya terasa tidak nyaman, dan kami memutuskan untuk menemui Dr Sanchez Dalmau yang mengatakan saya mengalami diplopia lagi,” tulis Marc Marquez dikutip di akun media sosialnya, Selasa (23/3/2022).

Apa itu Diplopia?

Mengutip penjelasan webmd.com, diplopia adalah suatu kondisi ketika mata melihat dua bayangan dari objek yang sama. Ini mungkin terjadi hanya pada satu mata, atau keduanya.

Selain itu, kondisi tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan, gerakan, dan kemampuan membaca seseorang. Penyebabnya mungkin saraf, masalah otak, atau kerusakan lensa mata.

Ada berapa jenis Diplopia?

  1. Diplopia Monokular

Diplopia monokular terjadi ketika seseorang melihat bayangan ganda bahkan dengan satu mata tertutup. Banyak orang dengan kondisi ini melaporkan melihat suatu objek dengan sangat jelas, sementara yang lain menghilang.

2. Diplopia Binokular

Diplopia binokular membuat seseorang melihat dua bayangan saat kedua matanya terbuka.

Apa saja Gejala Diplopia yang Dirasakan Penderita?

Ada beberapa kondisi yang bisa dialami jika mengalami penglihatan ganda, seperti: Mual, Sakit saat menggerakkan mata, Sakit kepala, Kelopak mata turun bahkan mata juling.

Apa yang Terjadi pada Mata sehingga terjadi Diplopia?

Pada dasarnya mata berkolaborasi dengan otak untuk menghasilkan persepsi. Kemudian yang mengganggu proses tersebut, seperti kerusakan saraf atau otot, dapat menyebabkan diplopia.

Selain itu, penyakit tertentu yang dapat melemahkan otot hingga kerusakan pada mata, seperti kornea pun bisa menyebabkan diplopia. Kabar baiknya, umumnya kondisi ini bersifat sementara.

Selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas sehari-hari adalah cara terbaik untuk kita terhindar dari cedera akibat kecelakaan kerja. Jangan lupa berdoa untuk mengawali setiap hari agar kita senantiasa dalam lindungan-Nya.

Jika ada keluhan pada mata, sahabat perlu untuk segera memeriksakannya ke dokter di RS Mata agar mendapat penanganan tepat untuk mengantisipasi gangguan penglihatan yang lebih berbahaya.