Hilangkan Benjolan di Kelopak Mata Dengan Cara Ini

Hordeolum atau dikenal dengan nama bintitan adalah benjolan di kelopak mata yang terjadi akibat tersumbatnya kelenjar minyak di kelopak mata. Awalnya anda mungkin tidak menyedari bahwa anda mengalami hordeolum sebab tidak menyebabkan rasa sakit. Tapi, saat hordeolum mulai membesar, benjolan dapat menjadi merah, bengkak dan nyeri saat disentuh. Jika hordeolum membesar, ia dapat menekan mata anda dan kadang dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram. Sekitar 50% hordeolum akan hilang dengan perawatan sederhana, sedangkan sisanya membutuhkan bantuan medis. Berikut cara menghilangkan hordeolum yang perlu anda ketahui :

Sahabat #RSAW tahu Hordeolum? Yaps, kita mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan bintitan, yaitu benjolan di kelopak mata yang terjadi akibat tersumbatnya kelenjar minyak di kelopak mata. Awalnya kita mungkin tidak menyadari bahwa akan mengalami hordeolum sebab tidak menyebabkan rasa sakit. Tapi, saat hordeolum mulai membesar, benjolan dapat menjadi merah, bengkak dan nyeri saat disentuh. Jika hordeolum membesar, ia dapat menekan mata kita dan kadang dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram. Sekitar 50% hordeolum akan hilang dengan perawatan sederhana, sedangkan sisanya membutuhkan bantuan medis. Berikut cara menghilangkan hordeolum yang perlu Sahabat ketahui: 1. Mengompres kelopak mata dengan air hangat dapat membantu mencairkan sekresi lemak, mempercepat penyembuhan, dan memfasilitasi drainase akibat penyumbatan kelenjar minyak. Kompres kelopak mata selama 15 menit, sekitar 2-4 kali sehari. 2. Bersihkan kelopak mata pada area yang terdapat bejolan di dekat bulu mata saat akan selesai mandi menggunakan 1 tetes sampo bayi yang tidak pedih di mata. Teteskan sampo bayi ke jari, gosok hingga sedikit berbusa, tutup kedua mata dan piijat dengan jari telunjuk mulai dari bulu mata ke arah belakang kemudian kedepan secara bolak-balik hingga 10 kali. Kemudian, gunakan jari tengah, jari manis, dan jari kelingking bersamaan seperti sebelumnya, lalu pijat 10 kali. Bilas sisa sampo yang masih tersisa. Prosedur ini juga dapat dilakukan menggunakan kasa steril berukuran 2×2 inchi atau bola kapas. 3. Jangan memencet benjolan karena dapat menyebabkan infeksi dan benjolan dapat semakin meluas. 4. Ketika terjadi infeksi, dokter mata akan meresepkan obat antibiotik. Begitupula saat benjolan sangat meradang dan menghalangi penglihatan, dokter mata akan meresepkan obat anti radang. 5. Jika hordeolum mengganggu penglihatan atau tidak kunjung sembuh, anda mungkin memerlukan operasi pengangkatan isi hordeolum. Operasi ini tidak termasuk dalam operasi besar dan hanya membutuhkan bius lokal. Share ke IG Story-mu yuk, agar semakin banyak sahabat kita yang tahu.

Welcome back to Instagram. Sign in to check out what your friends, family & interests have been capturing & sharing around the world.

  1. Mengompres kelopak mata dengan air hangat dapat membantu mencairkan sekresi lemak, mempercepat penyembuhan, dan memfasilitasi drainase akibat penyumbatan kelenjar minyak. Kompres kelopak mata selama 15 menit, sekitar 2-4 kali sehari.
  2. Bersihkan kelopak mata pada area yang terdapat bejolan di dekat bulu mata saat akan selesai mandi menggunakan 1 tetes sampo bayi yang tidak pedih di mata. Teteskan sampo bayi ke jari, gosok hingga sedikit berbusa, tutup kedua mata dan piijat dengan jari telunjuk mulai dari bulu mata ke arah belakang kemudian kedepan secara bolak-balik hingga 10 kali. Kemudian, gunakan jari tengah, jari manis, dan jari kelingking bersamaan seperti sebelumnya, lalu pijat 10 kali. Bilas sisa sampo yang masih tersisa. Prosedur ini juga dapat dilakukan menggunakan kasa steril berukuran 2×2 inchi atau bola kapas.
  3. Jangan memencet benjolan karena dapat menyebabkan infeksi dan benjolan dapat semakin meluas.
  4. Ketika terjadi infeksi, dokter mata akan meresepkan obat antibiotik. Begitupula saat benjolan sangat meradang dan menghalangi penglihatan, dokter mata akan meresepkan obat anti radang.
  5. Jika hordeolum mengganggu penglihatan atau tidak kunjung sembuh, anda mungkin memerlukan operasi pengangkatan isi hordeolum. Operasi ini tidak termasuk dalam operasi besar dan hanya membutuhkan bius lokal.

Nah, oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan mata untuk tetap sehat dan periksakan mata Anda sejak dini.

Lihat Jadwal Dokter