Kacamata Gak Boleh Sering Dilepas, Mitos atau Fakta?

33

Faktanya, kacamata adalah alat bantu penglihatan. Namun pemakaian kacamata tidak mempengaruhi kesehatan mata. Penggunaan kacamata tidak berpengaruh pada penambahan ataupun pengurangan minus maupun silindris.

Jika pengguna kacamata melihat tanpa menggunakan kacamata, maka semua benda akan terlihat tidak fokus dan mata akan dipaksa bekerja lebih keras untuk memfokuskan benda tersebut. Mata yang dipaksa bekerja keras dengan berakomodasi terus menerus akan cepat menjadi lelah dan timbul keluhan berupa sakit kepala, mata perih, dan penglihatan kabur.

Namun hal ini tidak akan menimbulkan kerusakan jangka panjang terhadap mata. Kacamata akan membantu anda untuk melihat dengan lebih baik tanpa mata harus bekerja keras. Dengan menggunakan kacamata, maka penglihatan tidak akan memburuk dengan cepat, namun tidak menggunakan kacamata pun tidak akan merusak mata Anda secara permanen.

Kondisi ini hanya bersifat sementara dan tidak akan mengakibatkan kerusakan jangka panjang terhadap mata. Kacamata akan membantu Anda untuk melihat dengan lebih baik tanpa membuat mata harus bekerja keras. Dengan tidak menggunakan kacamata, maka akan membuat mata Anda menjadi tidak nyaman.