Kenal Lebih Dekat dengan Retina

Kenal Lebih Dekat dengan Retina
Kenal Lebih Dekat dengan Retina

RSMATAACHMADWARDI.COM — Sahabat RSAW, definisi dan fungsi retina menjadi hal yang penting untuk diketahui terutama dalam kaitannya dengan usaha mencegah serta mengobati penyakit retina. Retina atau selaput jala punya peran vital sebagai bagian dari mata.

Bermacam penyakit retina bisa mengganggu penglihatan. Dalam level tertentu, terganggunya penglihatan akibat penyakit retina dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

- Advertisement -

Apa sih itu retina?

Retina adalah lapisan sangat tipis di bagian belakang bola mata yang sensitif terhadap cahaya. Sel dalam retina, yakni sel batang (basilus) dan sel kerucut (konus), berfungsi memicu impuls saraf melalui saraf optik ke otak untuk membentuk penglihatan.

Pendek kata, retina bertanggung jawab terhadap kemampuan manusia dalam melihat. Maka, ketika retina rusak atau terkena penyakit, manusia tak dapat melihat dengan maksimal. Bahkan penyakit retina yang kronis bisa menimbulkan kebutaan.

Fungsi retina itu apa ya?

Fungsi retina bertalian erat dengan penglihatan. Sel basilus dan konus yang bertugas sebagai penerima atau reseptor cahaya akan memberikan visualisasi atas apa yang dilihat oleh mata. Di bagian belakang retina ada cakram optik yang lebih dikenal dengan nama titik buta atau blind spot.

Wilayah blind spot pada retina berbentuk oval dengan ukuran 3 milimeter persegi. Ketika bayangan suatu benda jatuh ke bagian blind spot alias cahaya tidak diterima oleh kedua sel itu, manusia tak dapat melihat benda tersebut.

Retina memproses cahaya melalui lapisan sel fotoreseptor tersebut. Sel yang sangat peka terhadap cahaya ini pada prinsipnya berkemampuan mendeteksi warna dan intensitas cahaya dari suatu benda yang dilihat mata.

Retina menerima dan memproses informasi yang dikumpulkan oleh sel fotoreseptor itu dan menyampaikannya ke otak. Nantinya, otaklah yang bekerja untuk menyatakan apa benda yang dilihat dari informasi tersebut.

Karena peran vital retina dalam penglihatan, kerusakannya dapat menyebabkan kebutaan permanen. Fungsi retina bisa terganggu antara lain karena terlepasnya posisi retina pada mata.

Kondisi itu disebut sebagai retinal detachment. Ketika terjadi retinal detachment, retina tak dapat menerima ataupun memproses cahaya yang masuk. Karena itu, otak tak dapat menerima informasi dari retina yang pada akhirnya berujung pada kebutaan.

Di samping gangguan berupa retinal detachment, ada bermacam penyakit yang bisa membuat retina tak dapat berfungsi maksimal. Beberapa di antaranya membutuhkan penanganan oleh dokter retina segera demi menjaga kualitas penglihatan.

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi RS Mata Achmad Wardi:
Alamat: Jl. Raya Taktakan Km. 1, Lontarbaru, Kota Serang, Banten 42115
Telepon: (0254) 7915503 
WhatsApp: 0813-8383-0313

Hubungi kami via WhatsApp Anda sekarang

- Advertisement -