Mudah Didapat, 10 Makanan Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan Mata

Mudah Didapat, 10 Makanan Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan Mata

Penglihatan yang lemah menjadi masalah kronis hari ini. Bahkan, kebanyakan orang harus menggunakan kacamata ketika masih muda. Anak-anak kecil juga membutuhkan kacamata untuk menunjang mata mereka yang tidak sehat. Berikut adalah sepuluh makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata:

1. Wortel

Wortel sangat kaya akan beta-karoten, antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi otot pada mata.

2. Kacang-kacangan

Kenari dan almond sangat baik untuk mata. Mereka kaya akan vitamin E yang dapat mencegah katarak.

3. Ikan

Mereka yang gemar makan ikan memiliki penglihatan yang sehat. Ikan memiliki kandungan lemak atau minyak penting seperti asam lemak omega-3 yang membuat otot-otot mata selalu dalam kondisi baik.

4. Alpukat

Lutein merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata. Dan coba tebak, alpukat mengandung jumlah lutein tertinggi, bila dibandingkan dengan semua buah-buahan lainnya.

Jaga kesehatan mata sejak dini!

5. Dark chocolate

Dark chocolate sangat kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea mata. Namun, hindari konsumsi produk cokelat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Semua nutrisi itu sangat penting bagi kesehatan mata Anda.

7. Bawang merah

Bawang merah kaya akan belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang bertugas untuk melindungi lensa mata.

8. Bit merah

Seperti wortel, bit merah juga kaya akan karoten yang dapat mencegah katarak. Buah bit juga kaya akan zat besi yang meningkatkan kesehatan mata.

9. Wine

Wine kaya akan flavonoid yang membuat kornea tetap sehat. Mengonsumsi wine dalam jumlah terbatas dapat menyehatkan hati dan penglihatan Anda.

10. Telur

Telur, terutama kuning telur, mengandung 2 nutrisi penting untuk mata, yakni sulfur dan sistein. Mereka hadir dalam telur dan membuat lensa mata tetap jernih.

Nah, itulah sepuluh makanan yang baik untuk kesehatan mata Anda. Hindari terlalu lama duduk di depan layar komputer atau TV. Pastikan pula Anda menggunakan penyinaran ruangan yang baik dan tidak gelap.

Semoga bermanfaat! Oh ya, jangan biarkan info baik ini berhenti di Anda sendiri, klik tombol share untuk berbagi pada sahabat dan orang-orang yang Anda cintai melalui media sosial Anda, ya!

Lihat Jadwal Dokter