Mitos atau Fakta: Melihat ke Arah Cahaya Matahari Bikin Rusak Mata?

Mitos atau Fakta: Melihat ke Arah Cahaya Matahari Bikin Rusak Mata?
Mitos atau Fakta: Melihat ke Arah Cahaya Matahari Bikin Rusak Mata? (Shutterstock)

Ayo ngaku! Mungkin Sahabat pernah mencoba untuk menatap matahari secara langsung. Namun, jarang sekali ada orang yang berhasil menatap matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Biasanya seseorang langsung merasa silau pada mata dengan pancaran sinar matahari tersebut yang terlalu terang dan panas.

Menatap matahari secara langsung dengan mata telanjang dapat menimbulkan kerusakan pada mata. Hal ini juga yang menyebabkan kita refleks memicingkan mata atau mencari tempat berteduh saat terkena paparan sinar matahari.

- Advertisement -

Lalu, apa benar melihat ke arah cahaya matahari bisa merusak mata?

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh RS Mata Achmad Wardi (@rsmataachmadwardi) pada

Hal ini adalah fakta. Melihat ke arah matahari tidak hanya menyebabkan sakit kepala dan merusak penglihatan, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina Anda. Selain itu paparan sinar matahari juga bisa menambah efek dari radiasi ultraviolet pada mata kita. Akibatnya mata akan mengalami gangguan seperti degenerasi makula, retinitis solar, dan distrofi kornea.

Waktu yang paling berbahaya melihat matahari adalah saat terjadi gerhana matahari. Pacaran sinar matahari memang tersembunyi, tapi sinar yang tersembunyi itu yang berbahaya karena bisa membuat mata kita terbakar permanen.

Yuk, sayangi mata kita! Apabila Sahabat ada keluhan seputar kesehatan mata, jangan tunda lagi untuk lakukan pemeriksaan ke dokter yang tepat! Rencanakan kunjungan Sahabat ke RS Mata Achmad Wardi dari sekarang.

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi RS Mata Achmad Wardi:
Alamat: Jl. Raya Taktakan Km. 1, Lontarbaru, Kota Serang, Banten 42115
Telepon: (0254) 7915503 
WhatsApp: 0813-8383-0313

Hubungi kami via WhatsApp Anda sekarang

- Advertisement -