Operasi Vitrektomi untuk Mengobati Eye Floaters

133

RSMATAACHMADWARDI.COM — Pernahkah kamu menemukan bintik-bintik dalam penglihatanmu? Di dunia medis, kondisi ini disebut eye floaters. Mereka mungkin terlihat bagimu seperti bintik-bintik hitam atau abu-abu, senar, atau sarang laba-laba yang melayang ketika kamu menggerakkan mata. Ketika kamu mencoba melihatnya, mereka tampak melesat sehingga tak bisa dilihat secara langsung.

Sebagian besar eye floaters disebabkan oleh perubahan terkait usia yang terjadi karena zat seperti jeli (cairan kaca) di dalam mata menjadi lebih cair. Serat mikroskopis di dalam vitreous cenderung menggumpal dan memberikan bayangan kecil pada retina. Nah, bayangan yang kamu lihat ini yang disebut floaters.

Mengenal Operasi Vitrektomi

Saat kamu merasa terjadi peningkatan floaters, terutama saat melihat cahaya berkedip atau kehilangan penglihatan di area tepi, maka kamu perlu segera ke rumah sakit terdekat. Jika diperlukan, dokter melakukan pengobatan seperti dengan operasi vitrektomi.

Vitrektomi adalah operasi invasif yang menghilangkan eye floaters dari garis pandang. Melalui prosedur ini, dokter mata akan mengeluarkan cairan vitreus melalui sayatan kecil. Vitreous adalah zat yang jelas seperti gel yang menjaga bentuk mata tetap bulat.

Kemudian, dokter mengganti cairan vitreus sebagai solusi untuk mempertahankan bentuk mata. Tubuh kemudian akan menghasilkan lebih banyak cairan yang menggantikan cairan ini.

Meskipun efektif, vitrektomi tidak selalu berhasil menghilangkan eye floaters. Mereka yang mengidapnya masih mungkin untuk mengalaminya kembali. Terlebih jika prosedur ini menyebabkan perdarahan atau trauma. Oleh karena itu, tindakan ini hanya digunakan untuk gejala floaters yang parah.

Jika kamu memiliki gejala mata berupa floaters yang mengganggu, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter mata, ya! (Chogah/Gun)