Pakai Kacamata Bisa Menambah Minus, Mitos atau Fakta?

112
Pakai kacamata bikin minus mata bertambah?

Serang, 2 November 2021 — Penggunaan kacamata bagi penderita rabun jauh atau mata minus pada dasarnya adalah pilihan terapi yang sangat dianjurkan untuk membantu penderita dapat melihat benda-benda menjadi lebih jelas.

Sehingga adalah mitos jika penderita mata minus yang menggunakan kacamata dapat memperberat gangguan mata yang dialaminya.

Jika memang benar, penggunaan kacamata tidak akan menjadi suatu pilihan terapi utama yang dianjurkan oleh dokter spesialis mata kepada para penderita mata minus.

Meskipun hal itu mitos, perlu diingat bahwa pemilihan lensa kacamata harus tepat sesuai dengan anjuran dokter spesialis mata dikarenakan penggunaan lensa kacamata yang tidak sesuai memang dapat menyebabkan munculnya gangguan pada mata terutama dikarenakan bayangan yang dihasilkan pada retina mata tidak tepat. Ini menyebabkan mata harus melakukan kompensasi lebih untuk menempatkan bayangan tepat di retina mata yang menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah dan berisiko menyebabkan gangguan lain pada mata di kemudian harinya.

Oleh karena itu, jika Anda dianjurkan menggunakan kacamata, gunakanlah sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter mata Anda dikarenakan terapi tersebut sudah disesuaikan dan menjadi pilihan utama dari kondisi Anda saat ini.