Pasca Operasi Mata Katarak, Apa yang Harus Dilakukan?

Pasca Operasi Mata Katarak, Apa yang Harus Dilakukan?
Pasca Operasi Mata Katarak, Apa yang Harus Dilakukan?

Operasi katarak biasanya tidak membutuhkan rawat inap. Istilahnya, sehari jadi. Waktu yang dibutuhkan untuk operasi katarak dengan metode fakoemulsifikasi terhitung pendek, yakni 15 hingga 20 menit.

Operasi katarak tidak menyebabkan rasa sakit. Setelah operasi selesai dalam hitungan menit, mata akan ditutup dan pasien akan dibiarkan istirahat sembari diawasi oleh tim medis yang berjaga-jaga seandainya terjadi suatu masalah.

- Advertisement -

Sebelum pasien pulang dari operasi, dokter akan memberikan obat tetes mata, serta obat lain jika dibutuhkan. Obat-obat ini gunanya untuk mencegah infeksi, peradangan, dan mengontrol tekanan mata. Kacamata atau pelindung mata juga dapat disarankan untuk menambah proteksi pada mata yang telah dioperasi.

Setelah pulang, disarankan untuk tetap mengistirahatkan mata atau “tidur siang”. Dalam hitungan jam pasca operasi, pasien sudah dapat menggunakan mata “baru”nya untuk menonton televisi atau melihat layar gadget. Dengan catatan, tidak lama-lama.

DALAM HITUNGAN HARI PASCA OPERASI

Setelah operasi katarak dilaksanakan, kemungkinan besar penglihatan hanya mulai membaik setelah beberapa hari (tidak langsung). Namun tingkat kecepatan pemulihan mata tergantung pada masing-masing orang.

Rasa gatal atau tidak nyaman juga dapat terjadi. Pasalnya, mata yang dioperasi tersebut sedang dalam proses pemulihan dan penyesuaian.

Tidak jarang juga mata seperti berair, atau jadi sangat sensitif terhadap cahaya. Segala ketidaknyamanan ini biasanya berhenti dalam hitungan hari pasca operasi. Namun jika rasanya berlebihan, dokter bisa saja memberi perawatan lebih.

DALAM HITUNGAN MINGGU PASCA OPERASI

Yang pasti, dokter akan menjadwalkan pemeriksaan lanjutan pasca operasi untuk memantau keadaan mata. Ini dapat terjadi dalam satu hari setelah operasi, tujuh hari, maupun diulang hingga beberapa minggu.

Biasanya, pemulihan total terjadi dalam waktu delapan minggu. Jika katarak terdapat di kedua mata, lazimnya dokter hanya akan melakukan operasi katarak kedua saat mata pertama sudah sembuh. Bisa juga dilakukan dalam seminggu setelah operasi pertama dilakukan, tergantung dari tingkat pemulihan yang berjalan.

Perlu dicatat juga, karena katarak hanya dilakukan pada satu mata dalam sekali operasi, pasien dapat merasakan ketidakseimbangan penglihatan hingga akhirnya mata kedua dioperasi.

TIPS MELANJUTKAN AKTIVITAS PASCA OPERASI

Hasil operasi katarak yang menjadikan penglihatan kembali normal dan jelas memang mengagumkan. Pasien dapat dengan cepat melanjutkan aktivitas normal kesehariannya.

Akan tetapi, terdapat beberapa tips yang harus dilakukan seusai operasi katarak, dalam beberapa minggu hingga mata yang dioperasi pulih seutuhnya. Tips-tips berikut ini gunanya untuk mencegah komplikasi maupun efek samping yang dapat terjadi, serta meningkatkan kualitas pemulihan mata yang dioperasi:

  • Sesaat setelah operasi, jangan membungkukan badan. Kalau bisa, jangan juga bersin atau batuk atau muntah.
  • Komunikasikan secara terbuka dengan dokter apa yang dialami pasca operasi mata katarak, tidak menutupnutupi saat konsultasi
  • Selalu ingat dan ikuti petunjuk dokter mengenai obat tetes mata yang diberikan. Pengobatan ini sangat penting dalam periode pemulihan.
  • Jangan menyetir sendiri sepulangnya dari operasi. Ada juga kemungkinan dokter tidak memperbolehkan pasien menyetir sendiri beberapa waktu pasca operasi.
  • Jangan melakukan aktivitas berat beberapa minggu pasca operasi.
  • Jauhi areaarea yang penuh debu karena mata yang dioperasi akan lebih sensitif terhadap allergen-alergen yang beredar di udara.
  • Jangan mengucek mata karena bisa menjadi sumber infeksi. Tips ini juga berlaku bahkan setelah mata pulih.
  • Hindari berenang atau berendam selama beberapa waktu pasca operasi.
  • Hentikan pemakaian makeup. Konsultasikan dengan dokter lebih lanjut mengenai ini.

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi RS Mata Achmad Wardi:
Alamat: Jl. Raya Taktakan Km. 1, Lontarbaru, Kota Serang, Banten 42115
Telepon: (0254) 7915503
WhatsApp: 0813-8383-0313

Hubungi kami via WhatsApp Anda sekarang

- Advertisement -