Tanda-tanda Pasien Diabetes Terkena Edema Makula

Diabetic macular edema
Diabetic Macular Edema

Sahabat RSAW, Diabetic Macular Edema (DME) merupakan komplikasi serius dari penyakit diabetes. DME diawali dengan terjadinya retinopati diabetik, yaitu gangguan pada retina mata. Tingginya gula darah pada pasien diabetes bisa menyebabkan pembuluh darah di retina mengalami masalah, seperti bocor, penyumbatan, hingga muncul pembuluh darah baru. Tahukah Sahabat? Kerusakan pada retina mata yang tidak segera ditangani bisa mengenai bagian makula.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh RS Mata Achmad Wardi (@rsmataachmadwardi) pada

Saat terkena retinopati diabetik, pasien biasanya tidak merasakan gejala apa pun. Tanda-tanda masalah penglihatan mulai muncul jika sudah merusak makula.

Setidaknya ada empat tanda-tanda yang muncul ketika mengalami DME

1. Tajam penglihatan menurun atau kurang fokus
2. Melihat warna jadi berubah atau buram karena berkurangnya sensitivitas
3. Muncul bercak-bercak gelap yang tak beraturan. Akan sangat mengganggu jika bercak terdapat di tengah mata
4. Garis lurus terlihat bengkok atau melengkung

Masalah ini akan sangat mengganggu dan memengaruhi pekerjaan sehari-hari. Bahkan, cepat atau lambat bisa menyebabkan hilangnya penglihatan. DME bisa diatasi dengan berbagai metode pengobatan. Akan tetapi, pengobatan tidak bisa memperbaiki penglihatan seperti sebelumnya.

Pengobatan hanya untuk mencegah menjadi lebih parah dan memperbaiki sedikit gangguan pada mata. Untuk itu, sangat peting bagi pasien diabetes selalu cek kesehatan mata dan menjaga gula darah tetap terkontrol. Jangan sampai menunggu muncul tanda-tanda gangguan pada penglihatan.

Ayo rencanakan kunjungan Sahabat ke RS Mata Achmad Wardi dari sekarang!
Jl. Raya Taktakan Km. 1, Lontarbaru, Kota Serang
Telp. (0254) 7915503
WA: 0813-8383-0313

Lihat Jadwal Dokter