Tips Aman Menggunakan Gadget Saat Belajar Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan gadget dalam waktu yang lama dapat berdampak pada kesehatan mata jika tidak diseimbangkan dengan perawatan mata yang baik.

Tips Aman Menggunakan Gadget Saat Belajar Online
Tips Aman Menggunakan Gadget Saat Belajar Online

Di era pandemi seperti saat ini, sistem belajar mengajar secara online menjadi salah satu solusi dibidang pendidikan. Sistem ini mengharuskan siswa dan guru saling berinteraksi melalui gadget. Hal ini menjadikan gadget sebagai kebutuhan primer bagi siswa sekolah saat ini dan memaksa siswa menggunakan gadget lebih lama dari biasanya. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan gadget dalam waktu yang lama dapat berdampak pada kesehatan mata jika tidak diseimbangkan dengan perawatan mata yang baik.

Berikut tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata selama belajar online:

Pastikan jarak penglihatan kamu terhadap layar tidak terlalu dekat

Menatap layar gadget terlalu lama dengan jarak yang dekat dapat melemahkan otot siliaris mata sehingga mengganggu otot untuk melihat jauh. Kelelahan mata juga dapat terjadi apabila kita melihat melalui layar yang kecil dalam durasi yang lama, dengan memperbesar ukuran font pada gadget dan mengatur jarak kira-kira 30 – 40 cm dari mata dapat membantu mengurangi gejala mata lelah.

Gunakan kacamata anti radiasi

Paparan sinar biru yang masuk ke mata pada jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya degenerasi Makula. Makula adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai penglihatan tengah, penderita degenerasi makula akan mengalami gangguan pada penglihatan sentralnya dikarenakan sel pada makulanya rusak akibat paparan sinar UV dan sinar biru. Penggunaan kacamata anti radiasi dapat mengurangi risiko kerusakan mata. Hal ini dikarenakan kacamata anti radiasi dapat menangkal efek sinar biru yang terpancar dari layar gadget anda.

Sesuaikan kecerahan layar

Menatap layar yang terlalu terang secara terus menerus dapat menyilaukan mata dan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu sebaiknya kamu mengatur kecerahan layar gadget dan pencahayaan ruangan serta menggunakan filter pada layar gadget sehingga tidak menyebabkan efek mata lelah. Mata lelah dapat terjadi jika mata menatap secara fokus terhadap suatu objek yang berjarak dekat dalam waktu yang lama dan otot-otot mata berkerja lebih keras untuk melihat objek terutama jika disertai dengan pencahayaan yang menyilaukan.

Jagalah kelembaban mata

Keadaan dimana mata menatap secara terus menerus dan sedikit berkedip seperti saat membaca, menonton televisi, menatap layar komputer, atau smartphone dapat menyebabkan sindrom mata kering. Selain itu faktor lingkungan seperti, udara panas dan kering, asap, atau berada di ruangan ber-AC terus menerus dapat meningkatkan evaporasi air mata. Sering berkedip untuk melumasi mata perlu dilakukan saat kamu belajar online. Selain itu, kamu dapat menggunakan obat tetes mata khusus untuk melembabkan mata akan tetapi penggunaanya harus sesuai dengan resep dokter.

Gunakanlah gadget dengan cara yang tepat sehingga penglihatan tetap aman dan jangan lupa untuk rutin berkonsultasi dengan dokter mata secara berkala.

Bila anak Anda ada keluhan mata, ke RSAW aja

Jl. Raya Taktakan Km. 1 Lontarbaru, Kota Serang Banten 42115

 

 

Hubungi kami via WhatsApp Anda sekarang

Lihat Jadwal Dokter