Tips Merawat Kacamata agar Tahan Lama

29
Illustrasi via iStockphoto

Bagi beberapa orang, penggunaan kacamata sangatlah esensial. Aktivitasnya bisa terganggu apabila kacamata yang biasa digunakan rusak. Untuk itu kacamata perlu dirawat dengan beberapa tips ini:

  1. Hindari mengenakan dan melepas kacamata dengan 1 tangan karena kebiasaan ini akan membuat satu tangkai kacamata lebih kendur dan mudah patah dibanding tangkai yang satunya.
  2. Jangan terlalu sering mengenakan kacamata di atas kepala. Meski praktis dan terkesan keren juga, kebiasaan ini akan membuat tangkai kacamata meregang lebih dari seharusnya. Tentu jika peregangan ini terlalu sering, kacamata akan semakin tidak nyaman dan pada akhirnya tangkai kacamata tidak presisi lagi dengan kontur dahi kamu.
  3. Bersihkan lensa kacamata secara rutin dengan cairan khusus pembersih lensa. Debu dan kotoran dari luar dapat membuat lensa menjadi kotor. Lensa yang bersih tentu akan meningkatkan kualitas penglihatan dengan kacamata.
  4. Gunakan kain khusus kacamata untuk mengelap lensa. Jangan terlalu sering menggunakan tisu atau baju karena dapat meninggalkan goresan pada lensa. Kain microfiber bisa jadi andalan, dengan bahannya yang lembut dan dibuat khusus untuk kacamata.
  5. Simpan di dalam tempat kacamata jika tidak digunakan. Kebiasaan menaruh kacamata secara asal dapat meningkatkan resiko kacamata patah karena tertindih maupun terinjak.