Wow! Setiap Tahunnya Air Mata Manusia Setara Menghasilkan 15 – 30 Galon

Apakah Sahabat RSAW tahu bahwa air mata yang kita miliki bisa mencapai 15 hingga 30 galon setiap tahunnya?

Menurut American Academy of Ophthalmology, ada berbagai jenis air mata yang dimiliki oleh manusia. Termasuk dalam konteks cerita bahagia, perasaan sedih karena perpisahan, dan bahkan saat memotong bawang bombay, masing-masing jenis air mata tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Air mata memiliki peran yang signifikan dalam menjaga kesehatan, memberikan efek relaksasi pada tubuh dan emosi. Selain berfungsi sebagai pelindung mata, air mata juga berperan sebagai medium untuk mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan pada saat itu.

Tahukah kamu tubuh kita menghasilkan 3 jenis air mata?

  • Air mata basal

Air mata basal yang selalu ada di mata kita untuk memberikan pelumas, nutrisi, dan perlindungan pada kornea. Fungsinya adalah sebagai pelindung yang melibatkan mata dengan lingkungan luar sekitarnya, mencegah masuknya debu dan kotoran.

  • Air mata refleks

Air mata refleks muncul ketika mata perlu mengatasi iritasi berbahaya, seperti asap, benda asing, atau asap bawang. Produksi air mata ini lebih besar dibandingkan air mata basal dan mungkin mengandung lebih banyak antibodi untuk memberikan perlindungan ekstra melawan bakteri.

  • Air mata emosional

Air mata emosional diproduksi sebagai reaksi terhadap berbagai emosi seperti kegembiraan, kesedihan, ketakutan, dan kondisi emosional lainnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa air mata emosional mengandung hormon dan protein ekstra yang tidak ditemukan dalam air mata basal atau refleks.

Air mata memiliki lapisan

Air mata juga tidak hanya terdiri dari garam semata. Mereka memiliki struktur yang serupa dengan air liur dan mengandung enzim, lipid, metabolit, dan elektrolit. Setiap tetesan air mata terdiri dari tiga lapisan:

  1. Lapisan lendir bagian dalam yang menjaga agar seluruh air mata tetap melekat pada mata.
  2. Lapisan tengah yang berair (lapisan paling tebal) untuk menjaga mata tetap terhidrasi, mengusir bakteri, dan melindungi kornea.
  3. Lapisan luar yang berminyak untuk menjaga permukaan air mata tetap halus, memungkinkan mata melihat dengan jelas, dan mencegah penguapan lapisan lainnya.

Wah kalian jadi semakin lebih tahu dan paham bahwa air mata yang dimiliki kita ini memiliki banyaknya makna karena setiap tetesan air mata memiliki cerita uniknya sendiri. Jangan lupa Sahabat RSAW selalu menjaga kesehatan mata ya!

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD yang berlokasi di Kota Serang, Banten merupakan rumah sakit wakaf khusus mata pertama di dunia yang hadir dengan teknologi pengobatan mata termutakhir. Selain melayani pemeriksaan mata, RS Mata Achmad Wardi BWI-DD juga memiliki layanan Paket Medical Check Up. Daftarkan diri kamu melalui website resmi RS Mata Achmad Wardi BWI-DD. (Ivy)

Bagikan tulisan ini ke media sosialmu