Cataract Center

Katarak adalah jenis penyakit mata yang menyebabkan kerusakan lensa sehingga menjadi keruh dan tidak bisa melihat dengan jelas sehingga akan mengganggu aktivitas penderitanya.

Operasi Katarak

Operasi katarak adalah sebuah prosedur untuk mengangkat lensa mata dan menggantinya dengan lensa mata buatan. Pengobatan mata katarak biasanya hanya perlu dengan prosedur one day care dan memakan waktu sekitar 15 menit hingga 1 jam. Dalam prosedur ini, lensa yang keruh akan dikeluarkan dan diganti dengan lensa buatan – digelar Lensa Intraokular (IOL), untuk mengembalikan penglihatan seperti sebelumnya. Operasi katarak dilakukan berdasar pelayanan rawat jalan dan pasien tidak perlu menginap di rumah sakit. Di RS Mata Achmad Wardi BWI-DD, kami menjalankan jenis teknik atau metode operasi katarak Fakoemulsifikasi Sayatan Mikro

Fakoemulsifikasi Sayatan Mikro

Fakoemulsifikasi sayatan mikro menggunakan gelombang ultrasonik untuk mencairkan katarak, sehingga memungkinkan katarak yang terjadi emulsi untuk disedot keluar melalui sayatan kecil. Dengan lebar sayatan antara 2-3 mm, jahitan biasanya tidak dibutuhkan karena lukanya akan sembuh sendiri, lantas teknik ini lebih nyaman dan membolehkan pemulihan lebih cepat.

Phacoemulsification Cataract Surgery (Credit: EyeSmart — American Academy of Ophthalmology)

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD menyediakan beberapa jenis lensa

Lensa monofokal

Lensa monofokal adalah jenis lensa implan yang paling umum dan tradisional. Lensa ini hanya memiliki satu focus. Fokus jarak dekat, menengah, maupun jauh. Umumnya lensa jenis ini dipilih untuk membantu fokus jarak jauh. Fokus jarak dekat, seperti saat membaca, akan dibantu dengan menggunakan kacamata baca. Lensa jenis ini juga merupakan jenis lensa yang terbaik apabila pengguna sering berkendara di malam hari karena memiliki efek silau yang lebih kecil dibandingkan lensa jenis lainnya.

Toric IOL

Toric IOLS ini, merupakan jenis lensa intraokular (IOLs) premium yang memperbaiki astigmatisme atau silinder. Sehingga, cocok untuk Anda yang akan melakukan operasi atau tindakan untuk katarak, dan memiliki gangguan refraksi mata silindris (astigmatisme). Seperti lensa kontak lunak, toric IOL toric dapat mengoreksi astigmatisme karena memiliki kekuatan yang berbeda di berbagai meridian lensa. Mereka juga memiliki tanda penyelarasan pada bagian tepi lensa, yang memungkinkan ahli bedah untuk menyesuaikan orientasi IOL premium di dalam mata untuk koreksi astigmatisme yang optimal.

Trifocal IOL

Untuk jenis lensa intraokular (IOL) premium ini terbilang, paket lengkap dan praktis. Pasien katarak, bisa menggunakan ini karena sekaligus diperuntukkan bagi mereka yang memiliki gangguan refraksi, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermotria) dan mata tua (presbyopia).

Multifocal IOLs

Lensa jenis ini, merupakan kategori lain dari IOLs premium yang mengoreksi presbyopia. Sehingga, dapat mengurangi kebutuhan akan kacamata baca atau kacamata komputer setelah operasi katarak. IOLs premium satu ini mengandung pembesaran tambahan di berbagai bagian lensa untuk memperluas jangkauan penglihatan. Karena itu, penggunanya dapat melihat objek dengan jelas di semua jarak tanpa kacamata atau lensa kontak. Tak heran bila  lensa intraokular (IOL) premium ini, kerap digunakan oleh penderita gangguan refraksi presbiopi. Untuk Mendapatkan lensa terbaik anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan datang langsung ke RS Mata Achmad Wardi BWI-DD dan berkonsultasi dengan dokter spesialis terbaik di RS Kami.

Apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin operasi?

Saat mendaftar pertama kali ke RS anda akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu diantaranya yaitu pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan tajam penglihatan, pemeriksaan tekanan bola mata dan pemeriksaan mengunakan slit-lamp, setelah dokter mendiagnosa katarak dan menganjurkan untuk operasi maka akan ada pemeriksaan tambahan untuk menentukan ukuran lensa yang akan gunakan dengan alat biometri.

Apa pantangan sebelum operasi katarak?

Pada dasarnya saat akan operasi katar tidak ada pantangan apapun kecuali jika ada kondisi lain yang mempengaruhi seperti ketika tekanan darah tinggi dokter akan menginstruksikan untuk diit rendah garam dan akan meresepkan obat-obatan yang harus dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah, dan kondisi tertentu lainnya seperti : Riwayat DM, katarkat dengan glaucoma atau sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti pengencer darah. Dokter akan memberikan edukasi sesuai kebutuhan dan jika ada pantangan sebelum operasi maka dokter akan menginformasikan. Pasien yang sudah dianjurkan operasi oleh dokter akan masuk dalam daftar list operasi dan dokter akan menjadwalkan operasinya, saat anda sudah mendapatkan jadwal maka staf RS akan menghubungi miimal H-2 sebelum operasi dan akan menginformasikan jam kedatangan, staf RS juga akn menginformasikan apasaja yang harus dipersiapkan yaitu :
  1. Sebelum operasi pasien dianjurkan untuk keramas karna setelah operasi pasien tidak boleh terkena air diarea mata
  2. Pasien dianjurkan tidak mengunakan make up saat datang untukn operasi
  3. Pasien dianjurkan membawa keluarga atau pendamping saat operasi yang berusi lebih dari 17th
  4. Staf RS juga akan mengingatkan jika ada anjuran puasa atau anjuran obat-oabtan yang harus di minum atau di teteskan sebelum operasi

Apa saja yang harus dilakukan saat datang operasi?

Pasien yang sudah di tlp dan datang di jam yang sudah ditentukan akan disambut oleh tim secutry dan diarahkan kebagian pendaftaran khusus operasi dan petugas akan mendaftarakan, kemudian anda akan diarahkan untuk langsung menuju ruang operasi, didalam kamar operasi petugas akan menggantikan baju operasi dan mengnjurkan cuci muka, kemudian anda akan melakukan pemeriksaan kesehatan dasar seperti tensi darah dan pengukuran kadar gula dara, jika hasil normal maka petugas akan melebarkan pupil mata dan mengajarkan anda untuk cuci tangan dan berdoa sebelum operasi.

Apa saja yang harus dilakukan setelah operasi?

Jika anda telah melakukan operasi maka dokter biasanya akan menginstruksikan untuk kontrol dihari berikutnya untuk mengeceknkondisi post operasi, ada beberapa anjuran yang akan disampaikan oleh dokter seperti :
  1. Anjuran tidak boleh terkena air diarea operasi
  2. Tidak boleh membungkuk dan sujud (rukuk dan sujud)
  3. Saat tidur tidak boleh miring di bagian mata yang operasi contoh : jika anda operasi mata kanan maka tidak boleh miring kanan harus miring kiri

Bagaimana bagi yang Muslim ketika akan menjalankan shalat?

Bagi pasien muslim ketika setelah operasi akan dianjurkan untuk tayamum ketika menjalkan sholat dan ketika sholat disarankan untuk sholat dengan posisi duduk, jika anda masih hawatir ketika setelah operasi tidak dapat sholat dapat beribadah secara maksimal di RS Mata Achmad Wardi menyediakan Tim bibingan Rohani dan anda bisa berkonsultasi langsung bahkan tim bisa mengajarkan langsung bagiaman cara betayamum dan sholat setelah operasi.

Berapa lama tidak boleh terkena air?

Untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi, hindari air masuk ke dalam air selama 1-2 minggu setelah operasi katarak.

Bagikan ke media sosialmu

Layanan Kami