Phacoemulsification, Teknologi Canggih Atasi Katarak Tanpa Perlu Jahitan

Operasi-Katarak-Tanpa-Jahit
Phacoemulsification, Teknologi Canggih Atasi Katarak Tanpa Perlu Jahitan

Salah satu kendala tingginya kasus kebutaan akibat katarak adalah kurangnya informasi mengenai operasi. Banyak yang menganggap, operasi mengerikan, menyebabkan pendarahan dan membutuhan waktu lama untuk pulih.

Tahukah Anda bahwa operasi yang menyebabkan pendarahan itu metode lama yang cenderung tidak digunakan lagi sekarang? Ya, teknologi semakin canggih, termasuk di bidang kesehatan salah satunya teknik operasi katarak tanpa jahit, atau yang dikenal dengan istilah phacoemulsification (fakoemulsifikasi).

Apa itu fakoemulsifikasi? Ini adalah istilah teknik operasi mata katarak terbaru menggunakan sebuah alat khusus atau sering disebut laser katarak.

Setelah penderita katarak dianestesi, ahli bedah akan membuat tiga sayatan kecil dekat kornea. Setelah itu, lensa yang keruh tersebut disedot keluar melalui sayatan. Kemudian suatu lensa intraokuler buatan yang terbuat dari plastik, silikon atau akrilik dimasukkan.

Karena sayatan sangat kecil, jahitan biasanya tidak diperlukan. Selama beberapa minggu setelah operasi katarak, Anda mungkin akan diberikan resep obat mata tetes untuk membantu penyembuhan dan mencegah infeksi.

Perlu diketahui, penderita katarak di Indonesia merupakan yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Setiap tahun muncul sebanyak 210.000 kasus katarak baru di Tanah Air.

Dengan fakoemulsifikasi, buang rasa takut Anda dan lihatlah dunia dengan terang!

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi RS Mata Achmad Wardi:
Alamat: Jl. Raya Taktakan Km. 1, Lontarbaru, Kota Serang, Banten 42115
Telepon: (0254) 7915503 
WhatsApp: 0813-8383-0313

Hubungi kami via WhatsApp Anda sekarang

Anda juga dapat menghubungi via Email dengan mengisi formulir di bawah

[gravityform id=”1″ title=”false” description=”false”]

Lihat Jadwal Dokter